Mahasiswa Teknik Industri Unusida Melakukan Kerja Praktik di PT PAL Surabaya

Peningkatan kompetensi mahasiswa terus dilakukan Fakultas Teknik (FT) Universitas Nahdlatul Ulama SIdoarjo (Unusida), yakni dengan mengadakan program Kerja Praktik (KP). Kegiatan yang dilaksanakan sebagai syarat kelulusan perkuliahan tahun 2021-2022. Melalui kerja praktik ini mahasiswa diharapkan dapat belajar secara langsung di dunia kerja.

Tahun ini terdapat 4 mahasiswa jurusan Teknik Industri yang mendapatkan kesempatan untuk melakukan kerja praktik di PT PAL Indonesia (Persero) selama 2 bulan penuh. Perusahaan tersebut merupakan salah satu perusahaan milik pemerintah yang bergerak di bidang jasa manajemen kapal, pengawakan dan penyewaan kapal, agen pengapalan, dan perencanaan perawatan kapal.

Ketua program studi Teknik Industri Unusida, Rina Sri Wulandari, S.T,. M.T menjelaskan, pelaksanaan magang merupakan sarana untuk melatih kompetensi mahasiswa dalam menerapkan pembelajaran yang sudah diperoleh saat kuliah. Sebab, melalui program ini mahasiswa dapat mengimplementasikan keterampilan dalam menganalisa permasalahan secara langsung di dunia industri. 

“Dengan magang tersebut mahasiswa dapat menguasai setiap komponen yang ditampilkan satu persatu dalam situasi real class di lapangan, tentunya di bawah bimbingan dosen pembimbing, serta pembimbing lapangan saat KP,” tuturnya.

Rina juga mengungkapkan, tujuan adanya program ini agar mahasiswa mengetahui kemampuannya dalam dunia industri. Program ini juga sebagai sebagai penunjang usaha peningkatan keterampilan, kemampuan, efektifitas dan efisiensi mahasiswa dalam proses pembelajaran.

“Serta untuk menumbuhkan kesadaran dan keterampilan mahasiswa dalam dunia indutri, serta menanamkan rasa percaya diri dan terbuka atas kritik nantinya,” tambahnya.

Kerja Praktik ini memberi kesempatan seluas-luasnya bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi kemampuan yang dimiliki. Dengan itu, mahasiswa dapat mengevaluasi diri sehingga mengetahui perkembangan kemampuan dan penampilan mereka sehingga terbentuk kompetensi yang utuh.

“Kompetensi yang dimaksud adalah kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional ketika menginjak di dunia kerja yang sesungguhnya. “Sesuai dengan standart yang dituangkan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 74 tahun 2008,” tandas Rina.

Sementara itu, Kepala Departemen Erection PT PAL Indonesia, Mochammad Udin menyampaikan bahwa pihaknya sangat menerima baik dengan adanya mahasiswa NU yang ingin belajar untuk menerapkan ilmu keteknik industriannya.

“Semoga dengan diberikan kesempatan untuk magang di PT PAL Indonesia dapat menjadikan generasi muda NU menjadi lebih percaya diri ketika terjun langsung di lapangan,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 − eight =